Kamis, 23 Februari 2017

KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS USAHA BURJO


KARYA ILMIAH LINGKUNGAN BISNIS
PELUANG BISNIS USAHA BURJO
http://www.amikom.ac.id/
Disusun Oleh
Nama               :           Aminudin Noor Ichsan
NIM                :           16.11.0039
Kelas               :           16-S1TI-01
Jurusan            :           S1 Teknik Informatika
Mata Kuliah    :           Lingkungan Bisnis

Abstrak
"Burjo" akronim dari "Bubur Kacang Ijo" adalah sebuah konsep dunia perwarungan yang pada awalnya nih gan memang warung yang dikhususkan untuk menjual hidangan bubur (ketan) kacang hijau. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan mungkin tidak ingin kalah dengan basis OS Android yang selalu berkembang versinya, maka warung ini pun melakukan upgrade versi menu yang dijual di dalamnya. Menu/ hidangan yang sebelumnya khusus untuk kacang hijau kini telah bertambah dan jenisnya pun beragam. Bahkan pada sebagian besar warung, bubur kacang hijau telah terdegradasi (atau dihilangkan) dari jajaran menu utama yang dijual, sehingga sering Burjo hanyalah sekedar nama/ istilah gan.

Ekspansi warung burjo ini sudah sangat luas dan tersebar di berbagai kota besar di Indonesia loh gan. Sebutlah kota kota seperti Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Malang dan sebagainya. Setidaknya di area sekitar kampus besar/ kos kosan mahasiswa di kota tersebut, sejauh mata memandang dapat ditemukan warung burjo.

ISI UTAMA
Burjo, Ya ini adalah tempat berkumpul yang cocok untuk segala usia. Mengapa? Karena burjo menghidangkan berbagai macam menu makanan yang tergolong beragam dan tentunya Pas di kantong, Terutama kantong mahasiswa (hehe). Sekarang ini (terutama di jogja) burjo sudah merupakan Warung makan yang terdapat hampir seluruh jogja, bahkan di dekat rumah saya ada 2 burjo yang jarak satu sama lain tidak lebih dari 30 meter. Ya burjo merupakan bisnis yang cukup menguntungkan sekarang ini, kenapa? Karena Yogyakarta ini merupakan kota pelajar, dimana Setiap tahunya akan mendapatkan Orang-Orang dari luar yang akan tinggal di kota ini untuk menempuh Pendidikan, terutama Pendidikan Tinggi. Karena banyak orang yang menempuh pendidikan dari luar kota, tentunya mereka akan memikirkan cara untuk menghemat uang semaksimal mungkin untuk bertahan hidup di kota Pelajar ini. Dan salah satu pilihan mereka untuk makan yang murah namun enak, tentu saja Burjo (yah walaupun kadang juga Cuma buat nongkrong wkwkkww).
Oleh karena itu, disini saya sebagai Salah Satu pelanggan yang bisa dibilang cukup menikmati banyak outlet “Burjo” di jogja ini, saya memiliki beberapa kesimpulan tentang burjo yang akan memikat banyak pelangganya. Berikut menurut saya adalah point-point yang bisa membuat usaha Burjo menjadi semakin menarik untuk di Menarik dikunjungi oleh pelanggan.

1.WIFI
            Ya, kenapa wifi? Karena di zaman modern ini, tentunya seluruh masyarakat hampir memiliki Gadget,Smartphone,Laptop,dll. Dengan demikian, kurang afdol bagi para pemilik barang tersebut, bila tidak terhubung ke Internet. Tapi karena sebagian dari mereka terkadang memiliki Koneksi lambat dengan paket datanya,atau data mereka habis, maka mereka akan menjadi Wifi Hunter (wkwkwk). Disini kita bisa menyediakan wifi untuk burjo kita, saya jamin pelanggan akan meningkat drastis.

2.Menu Yang Khas
            Karena di jogja burjo sudah menjamur, kita perlu identitas untuk Burjo kita sendiri, salah satunya bisa dengan Menu Khas kita. Dengan membuat menu Khas, maka kita kemungkinan akan mendapat tambahan pelanggan-pelanggan baru yang penasaran dengan menu kita itu. Jadi ini juga sangat cocok untuk menjadi Point Penting.

3.Tekan Harga Semaksimal Mungkin
            Disini bukan berarti menekan harga sampai kita tidak mendapatkan untung, namun kita tekan harga menu kita dengan cara menemukan bahan-bahan makanan yang murah (tapi tidak murahan lho ya). Jika harga Menu kita lebih murah dibandingkan burjo lain, saya yakin pelanggan sudah pasti akan bertambah.

4.Tempat Charging/Stop Kontak
            Kalau ini tentunya sudah mutlak, karena terkadang pelanggan yang datang pasti ingin menikmati “Good Time” mereka, sambil mengisi ulang daya Gadget mereka.

5.Pelayan Burjo Yang Ramah Bersahabat
            Pelayan burjo yang bersahabat dengan pelanggan, tentunya akan meningkatkan rasa nyaman pelanggan dalam mengunjungi burjo kita, karena mereka akan merasa Burjo tidak seperti burjo yang lain yang sebatas Pelayan dan Pelanggan, tapi mereka akan merasakan seperti mengunjungi Warung Teman mereka sendiri.

Mungkin itu saja yang bisa saya Pikirkan saat ini, kalau ada yang salah saya mohon maaf. Saya sendiri masih kuliah di Universitas Amikom Yogyakarta dan masih menjalani semester 2. Jangan lupa untuk meninggalkan Like Dan Comment, Apa yang perlu ditambahkan Supaya burjo menjadi lebih menarik dan memikat hati pelanggan, Terimakasih sudah melihat Post Blog Saya, Thank you guys.

 

0 komentar:

Posting Komentar