KARYA ILMIAH
LINGKUNGAN BISNIS
PELUANG BISNIS
USAHA BURJO
Disusun Oleh
Nama : Aminudin Noor Ichsan
NIM : 16.11.0039
Kelas : 16-S1TI-01
Jurusan : S1
Teknik Informatika
Mata Kuliah : Lingkungan Bisnis
Abstrak
"Burjo" akronim dari "Bubur Kacang Ijo" adalah sebuah
konsep dunia perwarungan yang pada awalnya nih gan memang warung yang
dikhususkan untuk menjual hidangan bubur (ketan) kacang hijau. Namun, seiring
dengan perkembangan teknologi dan mungkin tidak ingin kalah dengan basis OS
Android yang selalu berkembang versinya, maka warung ini pun melakukan upgrade
versi menu yang dijual di dalamnya. Menu/ hidangan yang sebelumnya khusus untuk
kacang hijau kini telah bertambah dan jenisnya pun beragam. Bahkan pada
sebagian besar warung, bubur kacang hijau telah terdegradasi
(atau dihilangkan) dari jajaran menu utama yang dijual, sehingga sering Burjo
hanyalah sekedar nama/ istilah gan.
Ekspansi warung burjo ini sudah sangat luas dan tersebar di berbagai kota besar di Indonesia loh gan. Sebutlah kota kota seperti Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Malang dan sebagainya. Setidaknya di area sekitar kampus besar/ kos kosan mahasiswa di kota tersebut, sejauh mata memandang dapat ditemukan warung burjo.
Ekspansi warung burjo ini sudah sangat luas dan tersebar di berbagai kota besar di Indonesia loh gan. Sebutlah kota kota seperti Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Malang dan sebagainya. Setidaknya di area sekitar kampus besar/ kos kosan mahasiswa di kota tersebut, sejauh mata memandang dapat ditemukan warung burjo.
ISI UTAMA
Burjo, Ya ini adalah tempat berkumpul yang cocok untuk segala usia.
Mengapa? Karena burjo menghidangkan berbagai macam menu makanan yang tergolong
beragam dan tentunya Pas di kantong, Terutama kantong mahasiswa (hehe).
Sekarang ini (terutama di jogja) burjo sudah merupakan Warung makan yang
terdapat hampir seluruh jogja, bahkan di dekat rumah saya ada 2 burjo yang
jarak satu sama lain tidak lebih dari 30 meter. Ya burjo merupakan bisnis yang
cukup menguntungkan sekarang ini, kenapa? Karena Yogyakarta ini merupakan kota
pelajar, dimana Setiap tahunya akan mendapatkan Orang-Orang dari luar yang akan
tinggal di kota ini untuk menempuh Pendidikan, terutama Pendidikan Tinggi.
Karena banyak orang yang menempuh pendidikan dari luar kota, tentunya mereka
akan memikirkan cara untuk menghemat uang semaksimal mungkin untuk bertahan
hidup di kota Pelajar ini. Dan salah satu pilihan mereka untuk makan yang murah
namun enak, tentu saja Burjo (yah walaupun kadang juga Cuma buat nongkrong
wkwkkww).
Oleh karena itu, disini saya sebagai Salah Satu pelanggan yang bisa
dibilang cukup menikmati banyak outlet “Burjo” di jogja ini, saya memiliki
beberapa kesimpulan tentang burjo yang akan memikat banyak pelangganya. Berikut
menurut saya adalah point-point yang bisa membuat usaha Burjo menjadi semakin
menarik untuk di Menarik dikunjungi oleh pelanggan.
1.WIFI
Ya, kenapa wifi? Karena di
zaman modern ini, tentunya seluruh masyarakat hampir memiliki
Gadget,Smartphone,Laptop,dll. Dengan demikian, kurang afdol bagi para pemilik
barang tersebut, bila tidak terhubung ke Internet. Tapi karena sebagian dari
mereka terkadang memiliki Koneksi lambat dengan paket datanya,atau data mereka
habis, maka mereka akan menjadi Wifi Hunter (wkwkwk). Disini kita bisa
menyediakan wifi untuk burjo kita, saya jamin pelanggan akan meningkat drastis.
2.Menu Yang Khas
Karena di jogja burjo
sudah menjamur, kita perlu identitas untuk Burjo kita sendiri, salah satunya
bisa dengan Menu Khas kita. Dengan membuat menu Khas, maka kita kemungkinan
akan mendapat tambahan pelanggan-pelanggan baru yang penasaran dengan menu kita
itu. Jadi ini juga sangat cocok untuk menjadi Point Penting.
3.Tekan Harga Semaksimal Mungkin
Disini bukan berarti menekan harga
sampai kita tidak mendapatkan untung, namun kita tekan harga menu kita dengan
cara menemukan bahan-bahan makanan yang murah (tapi tidak murahan lho ya). Jika
harga Menu kita lebih murah dibandingkan burjo lain, saya yakin pelanggan sudah
pasti akan bertambah.
4.Tempat Charging/Stop Kontak
Kalau ini tentunya sudah mutlak,
karena terkadang pelanggan yang datang pasti ingin menikmati “Good Time”
mereka, sambil mengisi ulang daya Gadget mereka.
5.Pelayan Burjo Yang Ramah Bersahabat
Pelayan burjo yang bersahabat dengan
pelanggan, tentunya akan meningkatkan rasa nyaman pelanggan dalam mengunjungi
burjo kita, karena mereka akan merasa Burjo tidak seperti burjo yang lain yang
sebatas Pelayan dan Pelanggan, tapi mereka akan merasakan seperti mengunjungi
Warung Teman mereka sendiri.
Mungkin
itu saja yang bisa saya Pikirkan saat ini, kalau ada yang salah saya mohon
maaf. Saya sendiri masih kuliah di Universitas Amikom Yogyakarta dan masih menjalani semester 2. Jangan lupa untuk meninggalkan Like Dan Comment, Apa yang perlu
ditambahkan Supaya burjo menjadi lebih menarik dan memikat hati pelanggan,
Terimakasih sudah melihat Post Blog Saya, Thank you guys.
Sumber Abstraksi :
http://kaskushootthreads.blogspot.co.id/2014/08/burjo-warung-sahabat-mahasiswa.html
http://www.jitunews.com/read/28203/ingin-membuka-kedai-burjo-perhatikan-8-faktor-berikut
http://www.bisnisme.com/warung-burjo-sebagai-ide-usaha-wirausaha-modal-kecil
http://kaskushootthreads.blogspot.co.id/2014/08/burjo-warung-sahabat-mahasiswa.html
http://www.jitunews.com/read/28203/ingin-membuka-kedai-burjo-perhatikan-8-faktor-berikut
http://www.bisnisme.com/warung-burjo-sebagai-ide-usaha-wirausaha-modal-kecil
0 komentar:
Posting Komentar